SUKU KENYAH ART OF DAYAK


 POKER88 TERPERCAYA - Apo kayan, dari udara daerah ini tampak seperti lanskap yang mencolok diantara kerimbunan belantara. Diantara kerimbunan belantara. Diantara pernukitan, hutan lebat, atap rumah penduduk tampak memencar. Iniilah daerah di ujung utara kalimantan timur yang berbatasan langsung dengan serawak, malyasia. Terletak di daratan tinggi seluas sekitar 60 km, apokayan seperti menutup diri dengan dunia luar. Selain jaraknya amat jauh dengan kota lain, alat transportasi ke apo kayan juga tak gampang. Apo kayan hanya bisa dicapai dari tiga kota : samarinda, tarakan dan tanjung selor. Dari ketiga tempat ini perjalanan biasa dilakukan lewat udara menggunakan pesawat berbadan kecil seperti merpati dan cesna milik misionaris. Selain itu transportasi juga bisa dilakukan melalui sungai. Biasanya penduduk melewati sungai kayan, namun seringkali mengalami kesulitan, karena dihadang oleh riam afun - niagara kecil sepanjang 35km. Penduduk daerah ini berjumlah sekitar 4700 jiwa, sebagian besar membuat rumah sepanjang tepian sungai. Isini terdapat dua kecamatan yaitu kecamatan kayan hulu dan kayan hilir. Di kayan hulu terdapat lima desa yakni long ampung, long nawang, ,long nawang baru, long temuyat, dan long payau. Sedangkan di kayan hilir ada tiga desa yakni sei anai, metun I, dan data dian.

Rumah rumah mereka masih khas. Uma Da'Du atau lamin adalah rumah asli peninggalan dayak kenyah yang masih utuh. Rumah adat ini dibuat dari kayu ulin, beratap-sirap. Lamin di hiasi lukisan daun paku simetris dengan aneka warna. Bentuknya sebagian menyerupai tatto ditangan kaum wanitanya. Mereka juga dikenal mahir membuat manik-manik dan pemahat handal patung totem. Kaum wanitanya cantik-cantik, berkulit putih. Kecuali bertato, mereka juga dapat dikenali dengan saratnya anting gelang ditelinganya. Dalam acara-acara tertentu misalnya pesta perkawinan, mereka kerap menarikan burung enggang dan tarian gong. Belakangan tarian ini menjadi komunitas bagi para turis yang datang ke daerah itu. Pemandangan ini daoat dilihat di desa long bagun dan long iram.

Hubungan kekerabatan mereka mengikuti garis keturunan patrilnial/. Dalam satu lamin dapat dijumpai hidup beberapa keluarga, mulai dari orang tua, anak, cucu, sepupu hingga keponakan. Dahulu kala sebuah lamin malah dapat menampung lebih dari 100 KK, sehingga tidak ada bentuk keluarga batih mutlak. Batih baru ada kalau sekiranya pasangan suami istri mau memisahkan diri dari lamin. Namun hal ini jarang dilakukan, karena pertimbangan ekonomi sebab, dengan memilih tanggal didalam lamin, segala persoalan dan kebutuhan sehari-hari menjadi tanggung jawab bersama. Hidup komunal demikian, tentu ada resikonya. kerahasiaan menjadi kosa kata yang nyaris tak mereka kenal. Kerahasiaan personal menjadi demikian tipis, agaknya hanyalah setebal kelambu. Namun demikian mereka tetap taat pada ada lamin yang sehari-hari dikendalikan oleh kepala adat. Didalam lami, kepala adat adalah orang yang dipilih menurut garis keturunan bangsawan, yang dapat melindungi dan berawawasan luas tentang adat setempat. Dalam struktur masyarakat, posisi kepala adat berada dibawah kepala desa. Namun dalam keseharian, kepala adat tampak lebih dihormati ketimbang kepala desa. Transportasi darat di daerah ini belum berkembang baik. Mereka lebih menggunakan jalan setapak sebagai sarana komunikasi darat antara satu rumah atau satu tempat. Alat transportasi populer yang cukup membantu adalah lewat sungai. Mereka menggunakan ketinting ( perahu motot ) sebagai alat angkut, baik untuk manusia maupun hasil pertanian. Mata pencaharian mereka memang beratni. Umumnya, sebagai peramu hasil hutan dan peladang berpindah. Perladangan dilakukan dengan sistem rotasi alam selama 4-7 tahun. Di desa long payao, sei anai dan metun I, sistem rotasinya sampai 10 tahun. Inilah, agaknya, mengapa suku dayak kerap dituding sebagai perusak lingkungan hutan.


AGEN POKER UANG ASLI

Posting Komentar

0 Komentar